Hari Ini:20 October, 2021

Trik Cepat dan Tepat Menjawab Soal Uraian OSN Geografi

Kompetisi Sains Nasional atau yang dahulu bernama Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu ajang atau kompetisi bergengsi bagi para siswa dari semua jenjang pendidikan di Indonesia, tak terkecuali bagi jenjang SMA/MA sederajat. Salah satu bidang atau mata pelajaran yang dilombakan adalah Geografi. Walaupun dalam kurikulum nasional Geografi masuk sebagai peminatan IPS, tapi anak jurusan MIPA boleh juga untuk mengikutinya.

Bahkan, tak jarang medalis KSN atau OSN bidang Geografi pada tahun-tahun sebelumnya berasal dari jurusan MIPA.

Nah, Pejuang Prestasi pasti penasaran kan sebenarnya apa rahasia dari para medalis Geografi tersebut bisa meraih nilai maksimal dan mendapatkan medali? Kali ini Ilumina bakal mengulas trik cepat dan tepat dalam menyelesaikan soal-soal KSN atau OSN Geografi terutama yang berjenis uraian pada bagian tes WRT (Written Response Test) dan sedikit part dari tes FWT (Field Work Test).

Sebagai overview, pada tingkat nasional akan ada tiga tipe tes yang diujikan, yaitu WRT, FWT, Tes Laboratorium, dan Tes Multimedia. Namun kali ini Ilumina hanya akan mengulas trik menjawab tes WRT dan FWT saja. Tes tersebut menggunakan jenis atau tipe soal uraian dengan sistem kredit poin (pengumpulan poin terbanyak tiap soal) dan terdiri dari beberapa sesi yang memuat pertanyaan uraian dengan topik bahasan yang sama. Jenis soal yang digunakan pada Tes Laboratorium walaupun sama-sama uraian, tetapi lebih menitikberatkan pada kecepatan dan ketepatan penghitungan dengan rumus yang disediakan. Sedangkan, Tes Multimedia lebih menekankan pada kecermatan memilih pilihan jawaban berdasarkan analisis terhadap gambar atau sumber yang disediakan.

Ilustrasi Field Work Test

Ilustrasi Soal Uraian pada Field Work Test. Sumber: Fathiafif Mahasin

Langkah pertama yang harus dilaksanakan dalam menjawab soal tipe uraian pada kedua jenis tes tersebut adalah melihat secara sekilas sesi soal yang diujikan serta makna soal dan kebutuhannya. Maksud dari makna di sini adalah topik utama yang ingin diujikan pada sesi tersebut serta alat tulis apa saja yang harus dibutuhkan untuk menjawab soal tersebut dengan benar. Contohnya, pada bagian pertama tes WRT terdapat perintah di salah satu nomor untuk menggambar grafik iklim. Untuk itu, alat-alat seperti penggaris dan pensil warna misalnya harus dipersiapkan untuk menjawab salah satu soal dalam bagian tersebut.

Langkah kedua, perhatikan command terms atau maksud pertanyaan yang diinginkan dari tiap pertanyaan pada soal. Pada bagian ini para peserta terdahulu sering salah dalam menafsirkan maksud dari command terms ini. Biasanya, para peserta cenderung akan menjawab ‘lebih’ dari apa yang diinginkan soal untuk dijawab melalui command terms-nya. Hal ini menyebabkan perolehan poin pada tiap butir soal menjadi rendah dan kurang maksimal karena pengoreksi merasa bahwa peserta tersebut kurang memperhatikan apa yang dimaksud dari soal tersebut. Untuk itu, Ilumina akan memberikan beberapa contoh command terms yang sering muncul dalam soal-soal uraian di KSN Geografi serta makna atau jawaban apa yang harus diberikan.

  • Analisis

    Menguraikan untuk memperlihatkan unsur-unsur penting atau struktur serta untuk mengidentifikasi bagian dan hubungan, serta menafsirkan informasi untuk mencapai kesimpulan.

  • Anotasikan

    Melabeli atau memberikan catatan pada bagian grafik atau gambar yang disajikan.

  • Hitung/Kalkulasikan

    Sebutkan angka hasil penghitungan yang sudah didapatkan dari operasi matematis (angka dan satuannya saja).

  • Klasifikasikan

    Menyebutkan grup, himpunan, atau kelas yang cocok terhadap hal yang ditanyakan.

  • Komentari

    Memberikan penilaian atau judgement berdasarkan pernyataan atau kalkulasi.

  • Bandingkan/Compare

    Berikan keterangan yang jelas pada dua atau lebih aspek yang dibandingkan untuk memperlihatkan perbedaan yang signifikan.

  • Definisikan

    Memberikan pengertian atau definisi singkat mengenai aspek yang ditanyakan. Jangan keluar dari pernyataan yang seharusnya menggambarkan secara singkat malahan ke ranah deskripsi yang memerlukan penggambaran lebih detail.

  • Deskripsikan

    Memberikan pernyataan yang detail berupa gambaran tentang tabel, gambar, atau informasi yang disediakan pada soal dan mencakup semua informasi penting yang disediakan.

  • Tentukan

    Hanya sebutkan jawaban yang mungkin dan sudah pasti benar atas pertanyaan pada soal.

  • Diskusikan

    Menyebutkan argumen dari dua sudut pandang yang berbeda tetapi tetap balance atau seimbang serta memberikan kesimpulan yang merupakan gabungan dari kedua perspektif tersebut.

  • Evaluasi

    Memberikan argumen tentang batasan dan implikasi dari permasalahan yang dibahas pada soal serta dapat berupa solusi atau ide untuk menyelesaikan permasalahan pada soal yang diujikan.

  • Jelaskan

    Memberikan pernyataan yang detail serta menyertakan alasan, sebab, dan atau akibat dari peristiwa yang dipersoalkan.

  • Identifikasi

    Memberikan jawaban dari berbagai kemungkinan dan sudut pandang serta menuliskan faktor yang membedakan dari beberapa kemungkinan tersebut.

  • Justifikasi/Tegaskan

    Memberikan bukti atau alasan yang valid untuk mendukung jawaban atau kesimpulan.

  • Buktikan

    Menyantumkan beberapa tahap yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil sebagai jawaban (biasanya penghitungan).

  • Berikan Saran

    Memberikan solusi, hipotesa, atau kesimpulan atas suatu jawaban secara tepat.

  • Rangkum/Ringkas

    Menuliskan ide pokok atas topik yang bersifat lebih umum. Jangan tuliskan yang bersifat spesifik.

 

Langkah ketiga, perhatikan kolom atau jumlah karakter maksimal yang dapat dimasukkan dalam menjawab soal. Usahakan jangan melebihi atau kurang dari setengah dari kolom yang disediakan untuk menjawab soal uraian tersebut. Pengoreksi cenderung akan memberikan pengurangan nilai pada jawaban yang melebihi kolom dan tidak tertarik atas jawaban yang kamu berikan jika jawaban tersebut terlalu pendek. Akan tetapi, hal ini kembali lagi kepada command terms yang terdapat pada soal. Jika command terms tidak membutuhkan jawaban yang panjang, maka jawablah dengan tegas dan singkat.

Langkah keempat atau terakhir, yaitu memperhatikan struktur kalimat dan tata cara penulisan yang benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaaan Bahasa Indonesia. Pengoreksi akan memberikan pengurangan nilai apabila kalimat dalam jawaban kamu tidak jelas polanya atau terlalu bertele-tele serta tidak menyebutkan maksud atau kata kunci yang diinginkan dari command terms.

Akhir kata, Kompetisi Sains Nasional Geografi memang tidak hanya membutuhkan penguasaan yang baik pada aspek-aspek yang diujikan. Ketelitian dan cara penyampaian yang baik akan memainkan peran yang sangat penting dalam menaklukkan tes-tes berwujud uraian. Hal ini juga tak hanya perlu diterapkan pada level KSN atau OSN semata, tetapi akan terus diterapkan mulai dari level KSN-Provinsi/OSP hingga Pelatihan Nasional serta IGeo. Semoga tips dan langkah-langkah ini dapat membantu Pejuang Prestasi untuk meraih medali di KSN bidang Geografi, ya!

Penulis: Rubens Setiawan
Editor: Putri Indy Shafarina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!