Hari Ini:21 February, 2021

Petir, Jenis-jenisnya, dan Banaspati Hantu Petir?

Το ”Lightning ball” που έγινε viral | Parallaxi Magazine
Ilustrasi bola petir / ball lightning
higgypop.com

Kalian pasti langsung penasaran kan ketika lihat judulnya? Sabar dulu bro dan sis…Sebelum kita memutuskan apakah Banaspati, sesosok makhluk gaib ini adalah hantu petir, yuk kita cari tahu dulu apa itu petir dan jenis-jenisnya.

Petir adalah aliran listrik yang terjadi dari awan yang sebagian besar bermuatan negatif karena kandungan uap air ke permukaan tanah yang bermuatan positif karena tanah banyak mengandung ion-ion logam (contoh: Na+, Ag+, Ca2+, dll). Namun, petir dapat juga terjadi dari awan ke awan karena perbedaan tingkat elektronegativitas (jumlah ion negatif) awan. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa hanya 20% petir yang merambat dari awan ke permukaan tanah, sisanya merambat dari awan ke awan atau ke atmosfer. Harap dibedakan ya antara petir dan guntur. Petir adalah kilatan cahayanya, sementara guntur adalah bunyi yang dirambatkannya.

Proses petir merambat merupakan interaksi atmosfer dan litosfer untuk menyeimbangkan perbedaan muatan listrik. Pada gambar di bawah, ditampilkan proses pembentukan dan terjadinya petir.

Meteorology Today 12th Edition, C. Donald Ahrens & Robert Henson, 2018

Gambar (a) menunjukkan ketika bagian bawah awan bermuatan negatif mengeluarkan kilatan mendekati pohon di permukaan tanah sebagai pemusat ion-ion positif dari tanah.

Gambar (b) menunjukkan interaksi antara kilatan petir dengan pohon yang memungkinkan terjadinya transfer elektron dari awan bagian bawah yang bermuatan negatif ke pohon yang bermuatan positif.

Gambar (c) menunjukkan kilatan petir menghasilkan energi panas, cahaya, dan bunyi karena arus listrik yang kuat membawa ion bermuatan positif dari pohon naik ke awan.

Setelah kita tahu petir dan cara terbentuknya, kita dapat beralih untuk mengetahui jenis-jenisnya. Jenis-jenis petir dibedakan berdasarkan bentuk kilatan (stroke) yang dihasilkan. Setidaknya ada 6 jenis kilatan petir yang diidentifikasi oleh para ahli meteorologi dan fisika hingga saat ini. Keenam jenis petir tersebut, yaitu:

Meteorology Today 12th Edition, C. Donald Ahrens & Robert Henson, 2018
  1. Forked Lightning

Jenis petir ini merupakan bentuk kilatan petir yang paling sering dijumpai. Kilatannya bercabang-cabang dari kilatan utamanya yang mengarah langsung ke permukaan tanah.

  • Ribbon Lightning

Ribbon lightning merupakan jenis forked lightning yang jalur ionisasi kilatan baliknya tergeser oleh angin sehingga terlihat seperti pita yang menjuntai keluar dari awan.

  • Bead Lightning

Jenis petir ini terjadi karena ribbon lightning yang jalur ionisasinya rusak karena penurunan perbedaan tegangan dan membentuk seperti kancing yang terikat satu sama lain.

  • Ball Lightning

Berbentuk seperti bola berukuran sebesar bola sepak yang melayang lateral di udara selama beberapa detik dan menghilang. Peneliti telah mencoba untuk meneliti jenis petir ini di Cina pada 2012, tetapi hingga saat ini penyebab petir ini masih belum dapat dijelaskan atau enigma. Apakah ball lightning adalah banaspati? Karena jika dilihat dari ciri-cirinya menunjukkan banyak kesamaan. Wallahualam, aku yang bermodal cocoklogi ini juga tidak dapat memastikan.

Ilustrasi Hantu Banaspati
indozone.id
  • Sheet Lightning

Terbentuk apabila kilatan petir terjadi di dalam awan atau antarawan yang terjadi karena perbedaan elektronegativitas (jumlah ion negatif).

  • Heat Lightning

Heat lightning terjadi karena perbedaan muatan di udara pada malam musim panas yang cerah. Kilatan cahaya yang dihasilkan oleh perbedaan muatan tadi didifraksikan oleh debu halus di atmosfer dan memantulkan cahaya tampak, biasanya berwarna oranye.

Sampai sini dulu aja ya materi tentang petir, jenis—jenisnya, dan banaspati hehehe dari aku, semoga bermanfaat dan memberi pengetahuan lebih bagi teman-teman Edufia Geografi dan Geoscience yang belajar atau ambis KSN. Semoga sukses #GoGetGold!

Penulis: Rubens Phenola Setiawan
Editor: Muhammad Surya Siddiq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!