Hari Ini:6 July, 2022

Yuk, Intip Silabus OSN Fisika SMA!

Silabus Olimpiade Sains Nasional Fisika SMA

Fisika itu apa, sih? Mapel eksak atau hafalan?

Mungkin kebanyakan dari teman-teman mempunyai persepsi bahwa fisika adalah musuh bebuyutan karena segudang rumus matematika yang wajib dihafal demi nilai ujian bagus. Tidak jarang kita bertemu segelintir pelajar berkicau dan bertanya mengapa ilmu fisika sibuk mengurusi sebuah buah ranum yang baru saja jatuh. Sampai menghitung waktu dan kecepatannya pula. Toh, hasil hitungan tadi tetap tidak menyelamatkan buah jatuh dari ketinggian sekian meter, kan? Fisika sesuram dan segabut itu, benar ngga sih? Ternyata TIDAK.

Fisika itu ibarat puisi. Pasti terdengar ganjil di telinga kalian, kan? Alam semesta sangatlah luas. Semuanya misteri, berjalan harmonis sesuai ketentuan yang ada. Sejak orde fm hingga Light year dapat dijumpai di dalam alam semesta ini. Namun, mengaguminya saja tidak cukup bagi kita makhluk ciptaan paling sempurna yang punya akal untuk berpikir. Alam semesta mengajak kita menyingkap tabirnya. Lantas, bagaimana cara memahaminya? Jawabannya adalah Fisika. Teori, hukum, persamaan, dan postulat fisika sebenarnya merupakan wujud nyata dari bahasa alam yang tersirat. Secara tidak sadar, fisika berperan sebagai alat komunikasi. Menafsirkan tabir alam dan menuangkannya dalam kalimat matematika indah seperti pujangga menuturkan perasaan dalam bait-bait puisi.

Foto: getwallpapers.com

Di Indonesia, atmosfer dalam kompetisi fisika cukup panas dan prestisius. Pagelaran kompetisi fisika ini dimulai dari skala kecil tingkat kota hingga nasional yang memiliki berbagai macam ajang perlombaan. Penyelenggaranya pun beragam, seperti Perusahaan Swasta dan Kemdikbud yang turut ambil bagian sebagai fasilitator kompetisi fisika. Sejak tahun 2002, dengan dikawaki oleh Kemdikbud, Olimpiade Sains Nasional (OSN) rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

OSN kegiatannya apa aja ya? Mudahnya, OSN itu puncak dari olimpiade di Indonesia. Kalian harus melewati tahap Olimpiade Sains Tingkat Sekolah, Kota, dan Provinsi terlebih dahulu agar bisa mencicipi atmosfer OSN. Di tingkat kota, teman-teman akan dihadapkan dengan delapan soal mekanika yang harus ditumpas dalam waktu 180 menit. Selanjutnya, di tingkat provinsi kalian akan kembali berkutak dan berpikir bagaimana caranya menyelesaikan tujuh soal mekanika ( lagi ) yang lebih kompleks, tetapi dibatasi oleh waktu 210 menit. Tiibalah kalian di tingkat nasional. Terdapat dua tes, yaitu tes teori dan eksperimen. Masing-masing tes berdurasi lima jam nonstop. Tes  teori berupa lima soal dengan cakupan materi mekanika, listrik, dan termodinamika, sedangkan tes eksperimen biasanya hanya satu topik atau kadang-kadang ada dua topik seperti pada tahun 2014.

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, kalian hanya akan menemui materi mekanika sepanjang perjalanan menuju pagelaran nasional. Namun, level kesulitan dan kompleksitasnya jelas semakin tinggi. Semakin dekat langkah kalian ke OSN, teman-teman akan dituntut untuk berpikir lebih komprehensif menyeluruh. Contohnya, soal di OSK membahas sebuah bola yang bergerak di atas bidang miring, sedangkan di OSP permasalahannya ditambah dengan bola berotasi. Selain itu, kemampuan kalkulus kalian lebih banyak digunakan untuk menyelesaikan soal-soal sulit. Makanya, lebih giat lagi belajarnya!

Setelah bosan berjibaku dengan materi mekanika, kalian akan menjumpai materi listrik magnet dan termodinamika dalam soal OSN. Wah, ternyata fisika warna-warni, tidak hitam putih seperti yang kamu pikirkan, kan? Jangan senang dulu! Implikasi fakta tersebut ternyata tidak semenyenangkan warna pelangi. Otak kalian harus berpikir lebih keras dari biasanya. Berputar-putar, menari-nari mencari relasi antara ketiga cakupan materi tersebut. Tes teori pusing, eksperimen nggak perlu ditanya. Perlu kemampuan time management yang baik, gambar grafik, ciamik memakai kalkulator, think out of the box, dan teliti.

Sebuah kapal berlayar perlu modal bahan bakar. Sama halnya perjalanan kalian untuk meraih kesuksesan di OSN. Perlu sumber-sumber yang bagus dan relevan dengan materi OSN. Tips dari Edufia, untuk OSK dan OSP kalian pelajari E-book Menjadi Juara Olimpiade Fisika, 200 More Puzzling Physics Problems, 300 Creative Physics Problems, Introduction to Classical Mechanics, dan Lim Yung Kuo : Mechanics, A Guide To Physics Problems. Untuk OSN, kalian menambahkan E-Book Lim Yung Kuo sebagai referensi. Kalian juga bisa berkunjung ke situs ini https://www.ioc.ee/~kalda/ipho/. Pola pikir yang berbeda yang menjadi jiwa tulisan dalam situs ini akan mampu menggugah rasa keingintahuan kalian lebih dalam terkait fisika.

Edufia punya quotes buat kalian:

“Fisika itu indah bagi orang-orang yang berjuang mencari kebenaran dalam kesulitan.”

Referensi
https://ipho-unofficial.org/countries/IDN/

Penulis: Muhammad Farhan Husain
Editor: Putri Indy Shafarina
Foto: Kemendikbud

http://olimpiade.psma.kemdikbud.go.id/index/panduan/2019/PedomanOSN2019.pdf

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!