Hari Ini:12 May, 2021

Praktikum OSN 2019 dalam Sudut Pandang Peserta, “Susah!”

Pendapat peserta tentang Praktikum Olimpiade Sains Nasional 2019

Alat Praktikum Fisika Olimpiade Sains Nasional 2019
Foto: https://psma.kemdikbud.go.id/index/news_detail.php?id=MTMxOA==

Praktikum OSN 2019, ini cerita mereka!

Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA terbagi menjadi 9 mata pelajaran, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Geografi, Ekonomi, Kebumian, dan Komputer. Sebagian besar dari sembilan mata pelajaran tersebut membagi ujian tingkat nasionalnya menjadi dua bagian, yaitu ujian teori dan praktikum.

Praktikum Bidang Kebumian
Foto: instagram @osn_kemdikbud

Edufia berkesempatan untuk mewawancarai beberapa medalis OSN 2019 dari berbagai bidang. Teman-teman medalis ini bersedia untuk membagikan pengalaman mereka seputar ujian praktikum bidang mereka pada OSN 2019 kemarin. Yuk kita simak!

Muhammad Nabiel Indraprasta Irawan, Astronomi, DKI Jakarta, SMAN 8 Jakarta

 “Praktikum dalam bidang astronomi selalu dibagi menjadi 3 atau 2, yaitu cerah, mendung/berawan, dan hujan, atau cerah-berawan sebagian dan mendung-hujan.

Tahun ini praktikum dalam bidang astronomi agak berbeda. Tahun ini pakai teleskop yang agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena teleskop yang digunakan tidak memiliki penggerak halus/slow motion sedangkan perbesarannya hampir 370x dengan eyepiece yang fixed jadi agak susah buat ngunci objek. Selain itu, mengatur fokusnya juga susah karena berbeda dengan teleskop pada umumnya,” ujar Nabiel mengenai ujian praktikum Astronomi.

Nabiel juga mengatakan bahwa tahun ini observasi menggunakan 3 segmen yang berbeda, ada teleskop, Naked Eye Observation (NEO), dan simulasi/animasi. Kasus tahun ini dianggap memiliki kesulitan yang berbeda dibanding tahun selanjutnya. Salah satu kasus yang dianggap sulit adalah untuk mengarahkan teleskop ke planet Jupiter dan juga ke salah satu di antara dua rasi yang ditentukan, Canes Venatici atau Delphinus.

Jessica Annabel Tio Prisca, ekonomi, DKI Jakarta, SMAN 8 Jakarta

Ujian praktikum ekonomi terbagi menjadi empat bagian. Bagian pertama, trading saham, adalah bagian dimana peserta diberikan sejumlah uang dan diminta untuk membelanjakan beberapa saham yang telah ditetapkan secara bebas. Juri akan menentukan “best trading” dari jumlah cash yang berhasil didapatkan. Pada bagian kedua peserta diminta untuk membuat makalah sesuai dengan tema yang diberikan. Makalah yang dibuat akan dipresentasikan pada bagian ketiga. Pada bagian ini pula peserta akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari juri. Bagian terakhir adalah bagian “game invention” dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan membuat sebuah produk inovasi. Produk tersebut akan dipromosikan dan dapat dibeli oleh peserta lain.

Jessica berkomentar, “Menurut aku, tahun ini bisa dibilang lebih sulit karena ada beberapa hal yang baru. Karena Indonesia baru aja ikutan IEO tahun lalu, jadi soal ekonomi tahun ini disesuaikan dengan IEO. Jadi banyak yang baru, misalnya soal business case dan finance. Selain itu, tema dalam pembuatan makalah juga banyak yang baru, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang temanya kebanyakan berulang. Makanya agak panik juga pas lihat temanya, nggak ada tema yang udah aku siapin. Terakhir, buat game invention, mendapatkan teman satu kelompok juga bisa dibilang lebih sulit dibandingkan tahun sebelumnya.”

Irhasy Muhamad Maulad, biologi, DKI Jakarta, SMANU M.H. Thamrin

“Jadi praktikum kemarin dibagi menjadi empat bagian, bagian pertama itu biokimol, ada ekstraksi mitokondria kembang kol dan purifikasi sampel hasil PCR. Waktu yang diberikan itu singkat dibandingin (dengan) tugasnya yang banyak, jadi nggak selesai.”

Irhasy menjelaskan bahwa untuk ujian ansismortum (anatomi, sistematikan, dan morfologi tumbuhan) peserta harus mengenali struktur sekretoris, meskipun begitu tahun ini bagian morfologi tidak begitu dalam. Dia juga menjelaskan bahwa dalam pengerjaan ujian ini harus membaca prosedur soal dengan teliti dan tidak panik. Ketenangan dan ketelitian adalah poin penting dan utama. Bahkan, veteran OSN Biologi juga ada yang melakukan kesalahan karena tidak teliti dalam membaca soal.

Tim Biologi DKI Jakarta 2019
Tim Biologi DKI Jakarta 2019 berfoto bersama

Sebagian besar peserta berpendapat bahwa OSN 2019 ini memiliki ujian praktikum yang cenderung sulit. Namun, teman-teman di atas berhasil mengerjakan praktikum dengan baik sehingga dapat meraih medali. Tentunya  kesuksesan ini dapat mereka raih karena persiapan yang matang sebelum ujian dan ketelitian yang tinggi dalam mencermati soal. Patut ditiru nih, sobat edufia!

Share

A part of Ilumina

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!