Hari Ini:1 December, 2021

Kenali Bakteri Pencemar Jamur Enoki

Halo, Pejuang Prestasi!

Baru-baru ini, media diramaikan dengan berita jamur enoki yang terpapar bakteri. Bakteri apa yang mencemari jamur enoki? Apakah bakteri tersebut berbahaya dan menimbulkan penyakit? Untuk mengetahui jawabannya, disimak yuk!

Bakteri Listeria monocytogenes

Spesies bakteri yang mencemari jamur enoki adalah Listeria monocytogenes. Listeria monocytogenes merupakan bakteri patogen, yaitu bakteri yang menyebabkan penyakit. Listeria monocytogenes dapat ditemukan di susu tidak terpasteurisasi dan produk olahannya, sayuran dan buah-buahan mentah, ikan asap, dan daging olahan. Bakteri tersebut menyebabkan infeksi listeriosis. Infeksi listeriosis termasuk penyakit foodborne atau bawaan pangan, yaitu penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi pangan yang terkontaminasi mikroba patogen.

Image of listeria
Bakteri Listeria monocytogenes (Sumber: cdc.gov)

Penyakit Listeriosis

Listeriosis adalah infeksi yang didapatkan dari mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Gejala listeriosis beragam, antara lain demam, sakit kepala, pegal, dan diare. Umumnya, gejala muncul 1-4 minggu setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri.

Listeriosis tidak berbahaya bagi orang yang sehat, tetapi dapat menyebabkan infeksi akut pada ibu hamil dan bayi. Infeksi yang terjadi pada masa kehamilan dapat menyebabkan keguguran, kelahiran mati (stillbirth), kelahiran prematur, dan infeksi pada bayi. Infeksi akut ditandai dengan menyebarnya bakteri Listeria monocytogenes ke usus inang. Keadaan tersebut dinamakan listeriosis invasif. Orang yang terinfeksi listeriosis invasif membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Pencegahan Listeriosis

Walaupun listeriosis dapat menyebabkan komplikasi yang serius, banyak tindakan yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terinfeksi listeriosis, lho. Berikut langkah-langkah mencegah listeriosis:

  • Cuci tangan dan bersihkan alat masak sebelum dan sesudah menyiapkan makanan
  • Cuci sayur mentah dengan air mengalir
  • Pastikan makanan yang dimasak sudah matang secara menyeluruh
  • Hindari konsumsi makanan berisiko, seperti susu tidak terpasteurisasi dan produk olahannya, daging beku dan ikan asap sebelum dimasak matang

Nah, demikian penjelasan tentang bakteri pencemar jamur enoki, Listeria monocytogenes, beserta infeksi yang dapat disebabkan olehnya. Tetap jaga kesehatan, ya!

Penulis: Rizqi Najla Humaira

Editor: Putri Indy Shafarina

Referensi

https://www.cdc.gov/listeria/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!