Hari Ini:17 October, 2021

Perhelatan Siswa DKI Jakarta di IOM Ke-4

Mengintip Cerita DKI Jakarta dalam ajang IOM Ke-4

Halo Sobat Edufia! Baru-baru ini beberapa siswa indonesia berpulang dari tanah Rusia setelah berlomba di IOM ke-4. IOM pada tahun ini diselenggarakan pada tanggal 1 s.d. 6 September 2019 dan diikuti oleh 45 kota dari 32 negara. 

IOM atau International Olympiad of Metropolises adalah acara olimpiade tahunan yang diselenggarakan oleh kota moscow tiap tahunnya guna merayakan ulang tahun kota Moscow. Olimpiade ini memlombakan 4 mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Informatika. Olimpiade ini diadakan sejak 2016.

Peserta IOM indonesia diseleksi dari Olimpiade Sains Nasional, yaitu mereka harus menjadi peringkat 2 teratas di provinsi DKI Jakarta dalam perolehan medali OSN. Setelah berakhirnya OSN 2019 Juli yang lalu, akhirnya terpilihlah 8 perwakilan Indonesia dalam IOM yang ke-4 ini.

Peserta IOM dari Indonesia adalah Gabriela Erin Mariangel (SMAK BPK 1 Penabur) dan Steven Fernaldy Tanno (SMAK BPK 6 Penabur) untuk bidang Matematika, Fadli Januar (SMANU MH Thamrin) dan Rayhan Danendra Wiracalosa (SMAN 14 Jakarta) untuk bidang Fisika, Leon Ritchie Salim (SMA Springfield) dan Mark Soesanto (SMAK BPK 1 Penabur) untuk bidang Kimia, Nabil Ibadurrahman Ervatra (SMANU MH Thamrin) dan Rama Aryasuta Pangestu (SMA Kanisius) untuk bidang Informatika, Mereka adalah 8 orang yang akan berjuang untuk mengharumkan nama Jakarta dan Indonesia dalam perlombaan ini.

Berbeda dengan olimpiade internasional lainnya, siswa yang mengikuti IOM hanya memiliki 2 bulan persiapan. Karena itu, siswa yang mengikuti IOM harus bekerja ekstra keras untuk mengejar materi yang dilombakan pada olimpiade internasional. Apa lagi beban mental bagi mereka yang baru pertama mengikuti lomba internasional menambah beratnya olimpiade ini. “Saya sempat ragu karena beratnya materi, apalagi ada beberapa materi di fisika yang tidak masuk silabus OSN,” begitu kata Fadli.

Hebatnya, siswa-siswi peserta IOM tetap berjuang dengan sekuat tenaga. Pada tiba saatnya perlombaan, siap tidak siap mereka harus berjuang. Di hari pertama perlombaan, IOM dimulai dengan Blitz Contest, yaitu kedelapan peserta mengerjakan 80 soal bersama sama yang terdiri dari keempat bidang. Uniknya, seluruh 80 soal diberikan secara acak dan peserta harus mengenali sendiri dari mata pelajaran apa soal tersebut. Pada hari kedua, peserta bidang Kimia dan Fisika melakukan tes praktikum dan pada hari ketiganya mereka melaksanakan tes teori. Sedangkan peserta bidang Informatika melakukan tes coding dan Matematika melaksanakan tes teori. Mereka telah melakukan yang terbaik dan tinggal menunggu pengumumannya.

Kegiatan Blitz Contest
Foto: https://www.facebook.com/pg/IOM2018

Tibalah saatnya pengumuman, rasa gugup yang luar biasa dirasakan para peserta dan akhirnya diumumkanlah tim DKI Jakarta mendapat juara kedua untuk penilaian olimpiade secara keseluruhan, sedangkan untuk perolehan medali Individual mereka berhasil meraih 4 medali perak dan 4 medali perunggu. Medali perak diraih oleh Rama Aryasuta Pangestu, Leon Ritchie Salim, Steven Fernaldy Tanno, dan Gabriela Erin Mariangel. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Fadli Januar, Rayhan danendra Wiracalosa, Mark Soesanto, dan Nabil Ibadurrahman Ervatra. Mereka membuktikan bahwa mereka bisa mendapatkan penghargaan dan bersaing di tingkat internasional.

Foto: instagram @aniesbaswedan

Banyak hal yang bisa didapatkan dari event seperti ini. “IOM ini memberikan pengalaman yang berharga, salah satunya adalah bisa bertanding di ajang internasional,” ujar Mark. IOM ini juga mengajarkan para peserta untuk lebih percaya diri dalam bertanding, karena jika sebelum bertanding saja sudah takut itu artinya kita kalah sebelum bertanding. “Tidak usah terintimidasi oleh orang-orang, fokus saja ke persoalan,” begitu kata Rama.

Banyak hal yang bisa kita petik dari perjuangan teman-teman kita diatas. Salah satunya adalah tetap percaya diri dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Semangat Sobat Edufia!

Penulis: Fadli Januar
Editor: Fasya Rizkiaputri

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!