Hari Ini:6 July, 2022

Mengenal Olimpiade Sains Nasional Biologi SMA

Halo, Sobat Edufia! Selamat datang kembali di artikel Jendela Edufia tentang biologi. Artikel ini dapat membantu teman-teman mengenal ilmu Biologi khususnya Biologi Olimpiade Sains Nasional SMA.

Apa sih Biologi OSN itu?

Biologi secara bahasa memiliki arti ilmu tentang hidup atau ilmu tentang kehidupan. Melalui biologi, kita dapat menggali lebih jauh mengenai kehidupan itu sendiri. Teman-teman akan belajar bagaimana suatu sel saling bekerja sama membentuk tubuh teman-teman dan membuat teman-teman dapat membaca artikel ini. Teman-teman juga akan belajar bahwa segala sesuatu pada kehidupan di dunia ini memiliki peran, tidak ada yang diciptakan dengan sia-sia. Penerapan biologi itu sendiri sangat luas mulai dari bidang medis, pertanian, peternakan, hingga industry. Maka dari itu, selamat datang di dunia biologi yang pastinya akan menyenangkan.

Pertama, hilangkan dulu pemikiran bahwa biologi itu hanya hapalan. Beberapa hal memang perlu dihapal, namun banyak pula materi yang dapat diingat dengan mendalami proses yang terjadi di dalamnya. Sebagai contoh, ketika kita ingin mengingat urutan fungsi dari organ pada sistem pencernaan, jika kita hanya menghafal fungsi satu-persatu organ akan lebih sulit ketimbang kita memahami proses yang terjadi dan tujuan dari sistem pencernaan dan kemudian menyesuaikan dengan urutan organ yang dilalui pada sistem pencernaan.

Olimpiade sains nasional (OSN) dan lomba biologi lainnya dapat menjadi jalan bagi teman-teman untuk menggali lebih banyak ilmu biologi. Terdapat tujuh bahasan utama yang dibahas pada soal OSN SMA yaitu: Biologi sel dan molekuler, anatomi dan fisiologi tumbuhan, anatomi dan fisiologi hewan, genetika dan evolusi, ekologi, etologi, dan biosistematika. Ketujuh bahsan tersebut dapat dibaca di buku biologi dasar seperti Campbell’s Biology dan Raven’s Biology maupun buku khusus untuk setiap topik.

  1. Biologi Sel dan Molekuler

Topik yang biasanya disingkat menjadi Biselmol ini berisi tentang biologi yang berkaitan dengan sel dan molekul penyusunnya. Biselmol dari segi biokimia meliputi kimia dasar, kimia karbon, polar dan nonpolar, air, dan perpindahan zat (osmosis dan difusi). Biologi molekuler membahas mengenai struktur makromolekul terutama protein dan asam nukleat. Biologi sel membahas mengenai proses yang terjadi di dalam sel seperti transkripsi, translasi, replikasi DNA, dan respirasi sel. Pada biselmol terkadang dibahas pula mengenai mikrobiologi, yaitu biologi tentang makhluk mikroskopis meliputi virus dan bakteri.

Buku yang direkomendasikan untuk materi ini yaitu:

  1. Molecular Biology of The Cell karangan Alberts dkk.
  2. Cell Biology karangan Gerald Karp
  3. Biochemistry karangan Harper

Soal biselmol sebanyak 10 soal dari 50 soal yang diberikan pada rangkaian OSN.

  • Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan

Anatomi dan fisiologi tumbuhan atau anfistum membahas mengenai segala sesuatu mengenai bentuk dan fungsi tumbuhan. Soal anatomi tumbuhan biasanya berupa gambar sayatan melintang atau membujur suatu tumbuhan. Dari gambar tersebut dapat ditanyakan nama dan fungsi dari struktur yang ditunjuk. Soal ini anatomi dapat juga menampilkan suatu struktur yang menjadi ciri khas dari kelompok tumbuhan tertentu dan peserta harus tahu struktur tersebut milik kelompok tumbuhan apa.

Fisiologi tumbuhan biasanya membahas mengenai percobaan yang dilakukan pada tumbuhan. Soal fisiologi tumbuhan seringkali menggunakan grafik dan tabel sehingga kemampuan membaca garafik dan tabel sangat dibutuhkan. Soal fisiologi tumbuhan dapat berupa proses fotosintesis termasuk tipe-tipenya (C3, C4, dan CAM), fisiologi adaptasi tumbuhan di lingkungan garam, lingkungan kering, lingkungan kaya karbon dioksida, lingkungan kaya oksigen, fisiologi pemekaran bunga, dan lainya. Aktifitas seluler pada sel tumbuhan juga dibahas di anfistum.

Buku yang direkomendasikan:

  1. Plant Physiology karangan Taiz
  2. Buku anatomi tumbuhan

Anfistum berjumlah 7 soal.

  •  Anatomi dan Fisiologi Hewan

Anatomi dan fisiologi hewan atau anfiswan membahas mengenai proses-proses yang terjadi pada tubuh hewan mulai dari tingkat seluler sampai ke sistem organ. Sebenarnya bagian ini lebih banyak membahas mengenai fisiologi ketimbang anatomi. Pada bagian ini, dibahas pula fisiologi manusia dan fisiologi perbandingan antar hewan. Bagian ini adalah bagian terbanyak dengan jumlah soal 13 dari 50 sehingga sangat disarankan untuk mempelajari materi anfiswan terlebih dahulu.

Buku yang direkomendasikan:

  1. Human Physiology karangan Sherwood
  2. Animal Physiology karangan Hill
  3. Developmental Biology karangan Gilbert

Anfiswan berjumlah 13 soal.

4.    Genetika dan Evolusi

        Bagian ini membahas mengenai evolusi terutama mengenai konsep seleksi alam. Bagian ini juga membahas mengenai genetika secara molekuler (proses mutasi, transkripsi, translasi, crossing over, dll.), genetika mendel, penyimpangan hokum mendel, dan genetika populasi. Bagian mengenai evolusi memiliki soal-soal yang menguji kematangan konsep kita mengenai seleksi alam beserta jenis-jenisnya. Sementara itu, genetika mendel, penyimpangan hukum mendel, dan genetika populasi memiliki soal hitungan. Soal hitungan ini dapat membantu karena memiliki jawaban yang eksak. Soal hitungan ini memerlukan latihan soal agar dapat mengerjakannya dengan cepat.

Buku yang disarankan:

1. Schaum’s Outline of Theory and Problems of Genetics (buku latihan soal)

2. From Gene to Genomes karangan Hartwell (buku teori)

3. Population Genetics karangan Hamilton

Genetika dan evolusi terdiri dari 10 soal.

5. Ekologi

Ekologi membahas mengenai interaksi antar individu dalam sebuah populasi, interkasi antar populasi, dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Soal ekologi biasanya menampilkan jarang-jaring makanan dan juga kurva-kurva model ekologis yang dapat dibaca di buku ekologi seperti kurva keintasan. Dalam mengerjakan soal ekologi, dibutuhkan konsep tentang interaksi antar makhluk hidup seperti predatorisme, simbiosis mutualisme, dan pembagian relung (niche) antar populasi. Soal ekologi juga dapat menanyakan tentang jenis-jenis ekosistem dan bioma serta penghuninya.

Buku yang direkomendasikan:

1. Ecology Global Insights and Investigations karangan Peter Stiling

Ekologi terdiri dari 5 nomor soal.

6. Etologi

Etologi mudahnya adalah ‘psikologi hewan’. Ilmu ini mendalami tentang bagaimana hewan memunculkan suatu peerilaku baik oleh tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Dalam mengerjakan soal-soal etologi kita perlu dapat membedakan proximate cause  dan ultimate cause suatu perilaku dengan mencocokannya dengan empat pertanyaan kunci Niko Timbergen (bisa dicari di Google). Etologi juga sering memunculkan bermacam grafik dan tabel sehinga dibutuhkan kemampuan membaca grafik dan tabel.

Buku yang direkomendasikan:

1. OSN Biologi SMA karangan Tim Olimpiade Biologi Indonesia

2. Campbell’s Biology

Etologi terdiri dari 2/3 nomor soal.

7. Biosistematika

Biosistematika (Biosis) adalah ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup. Berbeda dari klasifikasi makhluk hidup di pelajaran SMA yang penuh hapalan, biosis OSN lebih menekankan pada konsep-konsep dan istilah pada pembuatan pohon kekerabatan. Soal biosis tingkat lanjut juga memerlukan kemampuan untuk membuat pohon kekerabatan berdasarkan perbedaan atau persamaan karakter antar makhluk hidup menggunakan teknik UPGMA dan maximum parsimony.

Buku yang direkomendasikan:

1. Campbell’s Biology

2. Plant Sysematics karangan Simpson

Biosis terdiri dari 2/3 nomor soal.

Ketujuh bahasan di atas hadir dalam soal teori rangkaian OSN mulai dari OSK, OSP, hingga OSN. Untuk mengikuti OSK dahulukan membaca terlebih dahulu buku biologi SMA kelas 10-12 kemudian membaca buku biologi dasar yaitu Campbell’s Biology. Selain mebaca buku, perlu juga untuk latihan soal agar otak teman-teman terasah dalam mengahdapi tipe-tipe soal rangkaian OSN.

Selamat menikmati belajar biologi, selamat menemukan makna dari kehidupan yang kalian pelajari. Tetap semangat dalam meraih mimpi kalian teman-teman!

“Biology is the study of complicated things that give the appearance of having been designed for purpose” -Richard Dawkins

Penulis: Kevin Kanaka
Editor: Putri Indy Shafarina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!