Hari Ini:1 December, 2021

Apa Alat Pengukur Suhu Akurat Menilai Gejala Covid-19?

Pejuang Prestasi, seperti yang kita ketahui virus corona sangat mudah menular terhadap orang sekitar. Bahkan, orang yang terkena pun kadang tidak merasakan adanya gejala. Maka, demi mengurangi penyebaran virus yang tidak terdeteksi, minimal kita harus bisa mendeteksi yang telah tampak gejala. Hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih waspada dan berhasil menekan setidaknya sedikit dari angka kasus penyebaran virus corona.

Pada dasarnya, suhu tubuh normal manusia itu beragam berdasarkan usianya.

Suhu tubuh orang dewasa

Suhu tubuh orang dewasa normal berkisar antara 36.5 derajat sampai 37.5 derajat celcius. Suhu tubuh 38 derajat celcius dikategorikan demam, 39.5 derajat celcius masuk kategori demam tinggi, dan 41 derajat celcius kategori demam sangat tinggi.

Suhu tubuh anak

Suhu tubuh normal untuk anak usia 3-10 tahun berkisar pada 35.5 derajat sampai 37.5 derajat celcius. Anak-anak cenderung punya suhu tubuh yang sama dengan orang dewasa.

Suhu tubuh bayi

Bayi terkadang memiliki rentang suhu tubuh lebih tinggi daripada orang dewasa ketika pengukuran dilakukan melalui ketiak dan telinga.

Suhu tubuh normal untuk bayi berusia 0-2 tahun berkisar dari 36.6 derajat sampai 37 derajat celcius apabila diambil dengan termometer rektal. Suhu tubuh mungkin naik sedikit ketika bayi sedang tumbuh gigi. Sedangkan suhu tubuh rata-rata bayi yang baru lahir adalah 37.5 derajat celcius.

Suhu bayi lebih tinggi dari orang dewasa karena punya area permukaan tubuh yang lebih luas dibanding berat badan mereka. Tubuh bayi cenderung aktif secara metabolik, sehingga menghasilkan panas.

Mereka juga tidak terlalu banyak berkeringat ketika hangat yang berarti tubuh mereka mempertahankan panas. Karena itu bayi jadi lebih sulit turun panasnya saat demam.

Yang perlu kita ingat, suhu tubuh normal pada orang dewasa dan anak ini bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kesehatan. Alat pengukuran suhu tubuh bisa memberi hasil berbeda, tergantung dari jenis alat pengukuran dan bagian tubuh mana yang diambil suhunya.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa mendeteksi orang-orang dengan gejala Covid-19 di sekitar kita tidak terlalu akurat dan cukup sulit. Salah satu faktornya adalah keberagaman suhu normal yang ada pada setiap usia. Ditambah, kelalaian kita dalam menggunakan alat pendeteksi suhu itu. Antara lain sebagai berikut.

  • Tidak menggunakan termometer di bagian tubuh yang tepat
  • Baterai termometer mati atau lemah
  • Terlalu cepat mengangkat termometer dari bagian tubuh
  • Tidak mengikuti petunjuk penggunaan dengan baik dan benar
  • Mulut terbuka saat sedang diukur suhu tubuhnya
  • Pengambilan suhu tubuh 1 jam setelah berolahraga atau mandi air hangat
  • Pengambilan suhu tubuh 20 menit setelah mengonsumsi minuman panas atau dingin.

Kalau kita kaji bagaimana alat ini bekerja, ada beberapa di antaranya dengan kalibrasi yang tidak pas karena penggunaannya dapat di-reset sendiri. Kalibrasi dapat diubah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat membuat kita semakin yakin dan khawatir akan kurangnya keakuratan alat tersebut. Banyak orang yang negatif malah akan masuk ke kawasan orang positif virus dan sebaliknya.

Adapun cara kerja thermo gun atau alat pengukur suhu dengan diarahkan pada dahi orang yang ingin diperiksa. Semakin panas suatu benda, maka molekul akan semakin aktif dan semakin banyak juga energi infra red yang dipancarkan. Nantinya, hasil suhu tubuh bisa langsung terlihat pada bagian layar yang ada di bagian belakang thermo gun.

Suhu tubuh normal manusia berada pada 36,5-37,2 derajat celcius pada umumnya. Suhu tubuh di atas normal menandakan tubuh tengah berjuang melawan penyakit atau infeksi yang menyerang.

Seperti yang kamu tahu, virus corona mempunyai gejala yang mirip seperti demam biasa, tetapi disertai sesak napas. Apabila suhu melebihi 38°C, nantinya orang tersebut akan dirujuk untuk diperiksa lebih lanjut.

Cara kerja pistol pengukur suhu merujuk pada ilmu fisika dasar, yaitu permukaan objek dengan suhu di atas suhu nol absolut memancarkan radiasi elektromagentik, yang setara dengan suhu intrinsik objek itu sendiri.

Adapun radiasi inframerah merupakan salah satu bagian dari radiasi intrinsik dan dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Sinar inframerah difokuskan melalui lensa pada elemen detektor dan menghasilkan sinyal listrik yang setara dengan radiasi. Kemudian sinyal radiasi ini diamplifikasi dan diubah menjadi sinyal yang sebanding dengan suhu objek tersebut.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Dapatkan Akses Artikel Exclusive Lebih Dulu

Mari bergabung bersama ribuan pembaca Ilumina dengan mendaftarkan alamat email kamu. Ssst.. Gratis, hanya buat kamu!

Langkah yang tepat! Kamu telah membuka jendela untuk melihat dunia dengan lebih baik!